REPRESENTASI KELAS SOSIAL FILM 48 JAM UNTUK INDAH KARYA JOSE POERNOMO DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Authors

  • Sansan Arini Rahmawati Universitas Lampung, Indonesia
  • Muhammad Fuad Universitas Lampung, Indonesia
  • Heru Prasetyo Universitas Lampung, Indonesia
  • Munaris Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i4.1266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kelas sosial direpresentasikan pada film 48 jam untuk Indah berdasarkan konotasi, denotasi, dan mitos yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang menjelaskan hasil analisis dengan menggunakan ungkapan kata yang sesuai dengan hasil kajian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semiotika model Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiologi Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap yaitu konotasi dan denotasi yang dibagi menjadi penanda dan petanda serta menggunakan aspek lainnya berupa mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat representasi kelas sosial yang ditemukan pada film 48 jam untuk Indah karya Jose Poernomo, yaitu representasi kemiskinan, kekerasan, melakukan apapun demi mendapat uang, merendahkan, dan representasi kemewahan. Penelitian ini selanjutnya diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA dengan Kurikulum Merdeka berupa perangkat ajar.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Sansan Arini Rahmawati, Muhammad Fuad, Heru Prasetyo, & Munaris. (2024). REPRESENTASI KELAS SOSIAL FILM 48 JAM UNTUK INDAH KARYA JOSE POERNOMO DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA : ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(4), 276–285. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i4.1266