Perancangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Pengenalan Organ Pencernaan Manusia Sebagai Media Pembelajaran

Authors

  • Muhammad Faisal Firdaus Universitas Nusa Mandiri
  • Sidik Sidik Universitas Nusa Mandiri

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Android, Pengenalan Organ Pencernaan Manusia

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode buku membuat proses pembelajaran anak tampaknya biasa saja dan membosankan, hal ini menyebabkan minat belajar anak menurun. Selain itu, metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru seringkali membuat proses belajar menjadi kurang menarik dan interaktif bagi siswa. Akibatnya, siswa kesulitan untuk memahami materi yang terlalu teoritis dan kurang didukung oleh visualisasi yang memadai. Penyusunan penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu pengumpulan data dan metode pengembangan perangkat lunak. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan  studi pustaka, untuk metode pengembangan perangkat lunak menggunakan 5 tahapan. Yaitu analisis software, desain, code genaration, testing, dan support. Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah dijabarkan, maka dibuatlah aplikasi augmented reality berbasis android pengenalan organ pencernaan manusia sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dari perancangan aplikasi ini meningkatkan pemahaman siswa pada materi pengenalan organ pencernaan manusia dengan membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif menggunakan teknologi augmented reality.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Firdaus, M. F., & Sidik, S. (2024). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Pengenalan Organ Pencernaan Manusia Sebagai Media Pembelajaran. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 3(2), 103–112. Retrieved from https://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/4178