Literatur Review: Penerapan Virtual Reality dan Augmented Reality dalam Pembelajaran di Sekolah: Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa
Keywords:
Virtual Reality, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Pendidikan, Teknologi Pendidikan.Abstract
Pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) dalam pendidikan di Indonesia semakin mendapatkan perhatian sebagai inovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi ini memungkinkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, imersif, dan kontekstual, yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit dipahami dengan cara konvensional. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa VR dan AR dapat digunakan dalam berbagai bidang pembelajaran, seperti sains, matematika, geografi, sejarah, bahasa, dan teknik. Kedua teknologi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang kompleks, memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, serta memberikan pengalaman praktis yang lebih relevan dengan dunia nyata. Meskipun demikian, penerapan VR dan AR dalam pendidikan di Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, biaya, serta perlunya pelatihan untuk pengajar agar dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi ini. Dengan adanya dukungan yang tepat dari pemerintah dan lembaga pendidikan, VR dan AR dapat menjadi solusi inovatif untuk menghadapi tantangan dalam sistem pendidikan Indonesia dan memperkaya pengalaman belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Yayang Wijayanti, Maman Suryaman , Undang Ruslan Wahyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.